Sabtu, 21 November 2009

MODEL dasar PROSES MOTIVASI:

MODEL dasar PROSES MOTIVASI:

  1. MODEL HOMEOSTASIS

FRUSTASI

Kebutuhan TingkahLaku Hambatan (internal & eksternal) Tujuan

Hambatan Frustasi

Akibat frustasi tergantung pada:

    • Motivasi
    • Ambang frustasi pengaruh PENDIDIKAN

Reaksi terhadap Frustasi:

· Gangguan penyesuaian diri

· Melarikan diri

· Mekanisme Pertahanan diri:

1. Agresi

2. Regresi

3. Represi

4. Substitusi

5. Displacement, dll

Teori Motivasi

Teori Isi : Profil kebutuhan yang dimiliki oleh eseorang yang mendasari perilakunya.

Teori Proses : Proses yang terjadi dalam pikiran seseorang yang pada akhirnya membua orang menampilkan tingkah laku.

Teori Hierarkhi Kebutuhan (Maslow) (1)

Kebutuhan fisiologis :

  • Kebutuhan yang paling bawah
  • Dorongan kuat pada diri manusia untuk survive (makan, minum& oksigen)

Kebutuhanakan rasa aman :

  • Standar hidup, jaminan, takut kehilangan pekerjaan

Kebutuhansosial :

  • Kebutuhan untuk dicintai & mencintai
  • Merasa bagian dari suatu kelompok (diterima disuatu kelompok)
  • Persahabatan & keakraban

Kebutuhan akan harga diri :

  • Cukup dipandang
  • Memberikan kontribusi pada orang lain
  • Status& penghargaan

Kebutuhan untuk mewujudkan diri :

  • Perasaan bahwa pekerjaan yang dilakukan menghasilkan prestasi (sense of accomplishment)

Teori dua Faktor (HERZ BERG)

Hygiene factors :

  • Faktor yang berhubungan dengan konteks pekerjaan (job context – tidak berkaitan dengan pekerjaan itu sendiri)

Motivators :

  • Faktor yang berhubungan isi pekerjaan (job content-langsung berkaitan dengan pekerjaan itu sendiri )

Teori motivator - Hygiene dari HerzBerg

Motivator

Tidak puas

Pekerjaan tidak menawarkan

Prestasi

Pengakuan

Pekerjaan yang merangsang

Tanggung jawab

Serta kemajuan

Puas

Pekerjaan menawarkan

Prestasi

Pengakuan

Pekerjaan yang merangsang

Tanggung jawab

Serta kemajuan

Factor factor hygiene

Ketidakpuasan

Pekerjaan dengan administrasi dan kebijaksanaan

Perusahaan yang kurang

Gaji, hubungan antar perorangan dengan supervisor dan kondisi kerja

Tidak ada ketidakpuasan

Pekerjaan dengan administrasi dan kebijaksanaan

Perusahaan yang baik

Gaji, hubungan antarperorangan dengan supervisor dan kondisi kerja

Teori dua Faktor (HERZBERG)

Hygiene factors (dissatisfiers):

  • Gaji,
  • Rasa Aman
  • Status
  • Kondisi lingkungan kerja
  • Hubungan dengan Pengawas
  • Kebijakan Perusahaan
  • Hubungan dengan Rekan

Motivators (Satisfiers) :

  • Prestasi
  • Pengakuan
  • Tanggung jawab
  • TantanganKerja
  • Peningkatan
  • Keterlibatan
  • Kesempatan berkembang

3 Motif Sosial (Mc. Cleland)

@ Motif untuk Berprestasi (Desireto do something better or more efficiently , to solve problems, or to master complex tasks ) :

  • Melakukan sesuatu secara lebih baik dari pada yang dilakukan orang lain
  • Mencapai (kalau bisa melebihi) ukuran keberhasilan yang ditetapkan sendiri
  • Mencapai hal yang unik& luar biasa
  • Orientasi & pikiran tentang masa depan

MOTIF BERPRESTASI (PERILAKU)

Mengambil tanggung jawab pribadi

Mencari feedback

Memilih resiko moderat (ada unsure tantangan, namun masih mungkin untuk dilaksanakan)

Melakukan sesuatu dengan cara baru

@ Motif untuk Bersahabat (desire to establish and maintain friendly and warm relations withot her persons):

  • Apakah disukai & diterima oleh orang lain atau suatu kelompok dan ingin menjalin persahabatan
  • Rasa cemas terthadap putusnya hubungan pribadi yang baik
  • Perhatian terhadap kejadian yang mengandung kehangatan social

MOTIF BERSAHABAT (PERILAKU)

Lebih suka berada bersama orang lain dari pada sendiri

Sering berhubungan dengan orang lain

Memperhatikan hubungan pribadi dari pada tugas dalam pekerjaannya

Melakukan pekerjaan secara lebih efektif apabila bekerja bersama orang lain (suasana kooperatif )

@ Motif untuk Berkuasa (desire to contro lother persons, to influence their behavior, to be responsible for other people) :

  • Melakukan perbuatan yang dapat menunjukkan pengaruh atau kekuasaan (mengarahkan, menolong tanpa diminta, mempengaruhi orang lain)
  • Melakukan sesuatu yang mengakibatkan timbulnya perasaan sangat positif atau negatif
  • Banyak menaruh perhatian terhadap nama baik atau kedudukan
  • Bawahan menjadi inovatif, tantangan, perencanaan

MOTIF BERKUASA (PERILAKU)

Sangat aktif dalam menentukan arah kegiatan organisasi

Sangat peka terhadap struktur pengaruh antar pribadi dalam kelompok (organisasi)

Menyukai hal yang menunjukkan status (prestise)

Berusaha untuk menolong orang lain walaupun tidak diminta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar